Minggu, 03 April 2011

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN BAHASA C

Algoritma dan Pemrograman Dengan C++ 
Algoritma dalam dunia komputer memegang peranan yang sangat penting, bahkan ada yang mengatakan algoritma adalah jantung informatika. artikel berikut mencoba memaparkan bentuk – bentuk algoritma dalam pemrograman dalam bahasa C++. Diharapkan artikel berikut dapat membantu memahami algoritma dalam berbagai kasus pemrograman.
Sejarah C++
Berbicara tentang C++ dan C sebagai bahasa pendahulunya, C merupakan termasuk bahasa pemrograman tingkat menengah. Pencipta C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie pada tahun 1972.
C merupakan bahasa pemrograman terstruktur yang membagi program ke dalam sejumlah blok (sub program). Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengembangan program. Program yang ditulis dengan C mudah sekali dipindahkan dari satu jenis mesin ke mesin lain. Hal ini karena adanya standarisasi C yaitu ANSI (American National Standards Institute) yang menjadi acuan para pembuat compiler C. C++ diciptakan satu dekade setelah C. C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustroup dari aboratorium Bell, AT&T pada tahun 1983. Pada awalnya C++ diberi nama “A better C”. Nama C++ sendiri iberinama oleh Rick Mascitti. Adapun tanda ++ berasal dari operator increment pada bahasa C
Keistimewaan C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP (Object Oriented Programming). Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi. Kebanyakan pakar setuju bahwa OOP dan C++ mampu mengurangi kompleksitas terutama program yang terdiri dari 10.000 baris lebih, bahkan dapat meningkatkan produktivitas 2x lipat dari C, Pascal dan Basic.
 Langkah-Langkah Pembuatan Program
Langkah-langkah sistematis pembuatan program, sebagai berikut :
1.      Mendefinisikan permasalahan
2.   Membuat rumusan untuk pemecahan masalah
3.   Implementasi
4.   Menguji coba dan membuat dokumentasi
 Dasar-Dasar Pemrograman
         Dalam dunia komputer dikenal beraneka ragam bahasa pemrograman. Karena begitu banyaknya, maka bahsa-bahasa tersebut dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu. Ada yang mengelompokkan menurut tingkatan bahasa, yaitu high level, middle level, dan low level. Ada juga yang mengelompokkannya menjadi procedural/functioning programming, object orietend programming, dan sebagainya. Pada dasarnya bahasa-bahasa pemrograman tersebut memiliki bagian-bagianyang serupa. Yang membedakan hanyalah tata bahasa yang digunakan.
Tipe Data
Berikut ini tipe data yang ada dalam C++
1. Tipe data bilangan bulat:
· char
· int (integer)
· short (short integer)
· long (long integer)
2. Tipe data bilangan real:
  • float (real)
  • double (real double)
  • long double
3. Tipe data bilangan bulat:
  • unsigned char
  • unsigned int (integer)
  • unsigned short (short integer)
  • unsigned long (long integer)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar